Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 21 Mei 2012

Pramuka-pramuka yang kucinta,
Jika kamu pernah melihat sandiwara "Peter-Pan", maka kamu akan melihat mengapa pemimpin bajak laut selalu membuat pesan-pesannya sebelum meninggal. Karena ia takut, kalau-kalau tidak akan sempat lagi mengeluarkan isi hatinya saat ia harus menutup mata.
Demikian halnya diriku, meskipun waktu ini aku belum meninggal, namun saat itu akan tiba juga bagiku. Oleh karena itu, aku ingin menyampaikan kepadamu sekedar kata perpisahan untuk minta diri.
Ingatlah, ini adalah pesanku yang terakhir bagimu dan oleh karena itu, renungkanlah!
Hidupku sangat bahagia dan harapanku agar masing-masing kalian juga dapat mengenyam kebahagiaan dalam kehidupan sebagaimana aku.
Saya yakin bahwa Tuhan menciptakan kita dalam dunia yang bahagia ini untuk berbahagia dan bergembira. Kebahagiaan tidak timbul dari kekayaan, juga tidak dari jabatan yang menguntungkan ataupun kesenangan bagi diri sendiri. Jalan menuju kebahagiaan adalah membuat dirimu lahir dan batin, sehat serta kuat pada waktu engkau masih anak-anak, sehingga kau dapat menjadi pribadi yang berguna bagi sesamamu dan mampu menikmati hidup ketika kelak kamu telah dewasa.
Usaha menyelidiki alam akan menimbulkan kesadaran dalam hatimu, betapa banyaknya keindahan dan keajaiban yang diciptakan Tuhan di dunia supaya kita dapat menikmatinya.
Lebih baik melihat kebagusan-kebagusan dari suatu hal dari pada mencari kejelekan-kejelekan yang ada padanya.
Jalan nyata menuju kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain. Berusahalah agar kamu dapat meninggalkan dunia ini dalam keadaan yang lebih baik dari pada tatkala kamu tiba didalamnya. Dan bilamana giliranmu telah tiba untuk kembali ke alam yang sesungguhnya, maka pergilah dengan puas. Karena kamu tidak menyia-nyiakan waktumu, akan tetapi kamu telah mempergunakannya dengan baik. Sedialah untuk hidup dan meninggal dengan bahagia. Masukkanlah paham itu senantiasa dalam janji pramukamu, meskipun kamu sudah bukan kanak-kanak lagi dan Tuhan akan berkenan memberikan karunia pertolongan padamu dalam usahamu.

Temanmu, Baden Powell
(ditemukan di atas meja kerjanya)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pramuka SIT Baitussalam Prambanan - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -